Jumat, 17 Agustus 2012

MENILAI PELUANG BAGI USAHA BARU



Ada tiga komponen penting bagi usaha baru yang berhasil
1.      Peluang
2.      Wirausahawan dengan tim manajemennya yang mantap
3.      Sumber daya yang diperlukan.

11.   Peluang
Setiap peluang yang ada harus dimanfaatkan secara baik-baik. Harus diperhatikan, bahwa peluang yang baik tidak akan datang yang kedua kalinya.
Dalam memanfaatkan peluang, diperlukan adanya persiapan yang mantap. Dengan demikian maka feasibility study (studi kelayakan) yang mendukung akan menjadi pedoman bagi langkah-langkah yang akan dilakukan.
Dalam upaya memanfaatkan peluang, seorang wirusahawan harus tahu secara pasti siapa calon pelanggannya dan jenis komoditi yang diperlukan. Disamping itu, ketepatan waktu diperlukan para pelanggan perlu diperhatikan.

22.   Wirausahawan dan Tim Manajemnya
Apakah wirausahawan dan tim manajemnya memiliki pengalaman dalam industry yang sama atau mirip dengannya. Di samping itu apakah wirausahawan dan tim manajemennya pernah berpengalaman dan bertanggung jawab dalam kepemimpinan suatu manajemen. Hal itu sangat penting dalam posisinya dalam pengambil keputusan-keputusan yang membawa keuntungan dan atau kerugian. Dalam hubungan ini ada sementara penulis yang mengemukakan, bahwa tanpa pengalaman yang relevan, nasib tidak akan berpihak pada pendatang baru di industry manapun.




33.  Sumber daya
Berbagai sumber daya ekonomi:
v     Sumber daya alam
v     Sumber daya manusia
v     Modal
v     Keahlian :    - Manajerial
 - Tehnologi
          
Seorang wirausahawan harus mengupayakan penggunaan sumber daya–sumber daya yang hemat, sejalan dengan pemanfaatan peluang sebagaimana tersebut diatas, maka studi kelayakan yang disusun harus didukung oleh suatu perencanaan yang baik dengan memiliki sifat-sifat :
1.      Memiliki unsur tepat
2.      Efektif, artinya rencana yang disusun dapat direalisasikan.
3.      Efisien, artinya atas dasar pengorbanan tertentu dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Sebagai suatu catatan, dalam menggunakan sumber daya-sumber daya yang hemat dapat diberikan contoh bahwa tidak perlu membeli apabila dapat menyewa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar