Ada tiga komponen penting bagi
usaha baru yang berhasil
1. Peluang
2. Wirausahawan
dengan tim manajemennya yang mantap
3. Sumber
daya yang diperlukan.
11. Peluang
Setiap
peluang yang ada harus dimanfaatkan secara baik-baik. Harus diperhatikan, bahwa
peluang yang baik tidak akan datang yang kedua kalinya.
Dalam memanfaatkan
peluang, diperlukan adanya persiapan yang mantap. Dengan demikian maka feasibility
study (studi kelayakan) yang mendukung akan menjadi pedoman bagi
langkah-langkah yang akan dilakukan.
Dalam
upaya memanfaatkan peluang, seorang wirusahawan harus tahu secara pasti siapa
calon pelanggannya dan jenis komoditi yang diperlukan. Disamping itu, ketepatan
waktu diperlukan para pelanggan perlu diperhatikan.
22. Wirausahawan
dan Tim Manajemnya
Apakah wirausahawan dan tim
manajemnya memiliki pengalaman dalam industry yang sama atau mirip dengannya.
Di samping itu apakah wirausahawan dan tim manajemennya pernah berpengalaman
dan bertanggung jawab dalam kepemimpinan suatu manajemen. Hal itu sangat
penting dalam posisinya dalam pengambil keputusan-keputusan yang membawa
keuntungan dan atau kerugian. Dalam hubungan ini ada sementara penulis yang
mengemukakan, bahwa tanpa pengalaman yang relevan, nasib tidak akan berpihak
pada pendatang baru di industry manapun.
33. Sumber
daya
Berbagai
sumber daya ekonomi:
v Sumber daya
alam
v Sumber
daya manusia
v Modal
v
Keahlian : -
Manajerial
-
Tehnologi
Seorang
wirausahawan harus mengupayakan penggunaan sumber daya–sumber daya yang hemat,
sejalan dengan pemanfaatan peluang sebagaimana tersebut diatas, maka studi
kelayakan yang disusun harus didukung oleh suatu perencanaan yang baik dengan
memiliki sifat-sifat :
1. Memiliki
unsur tepat
2. Efektif,
artinya rencana yang disusun dapat direalisasikan.
3. Efisien,
artinya atas dasar pengorbanan tertentu dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Sebagai
suatu catatan, dalam menggunakan sumber daya-sumber daya yang hemat dapat
diberikan contoh bahwa tidak perlu membeli apabila dapat menyewa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar