Jumat, 17 Agustus 2012

BAURAN PEMASARAN



Pengembangan Produk

Pemimpin Pasar                    : Produk baru/ pasar baru

Alasan-alasan produk baru tidak diterima konsumen karena:
1.      Tidak memiliki keunggulan relatif terhadap produk yang ada dipasar
2.      Karena kesalahan strategi pemasaran
3.      Sasaran pasar kecil/ target market kecil          volume penjualan kecil sedangkan                   keuntungan kecil yang pada akhirnya produk tersebut tidak mengharapkan
4.      Kesulitan memahami teknik penggunaan produk
5.      Kesalahan strategi positioning, kesalahan dalam memposisikan produk atau penjualan.        Contoh : Mazda MR
6.      Masalah manajerial  tidak ada keterpaduan dalam pemasaran produk

Produk baru
Adalah suatu produk yang dipasarkan perusahaan yang berbeda dengan produk  yang sudah pernah dipasarkan

Dapat dilihat dari 2 persepsi :
1.      Persepsi konsumen
Produk baru dalam memahami penggunaan produk konsumen mengalami proses belajar
2.      Persepsi produsen
Produk baru adalah segala produk yang berbeda dari yang sudah dipasarkan

Ada 3 macam produk baru bagi konsumen :
1.     Inovasi terus menerus
Konsumen tidak mengalami proses belajar yang lama dan konsumen tidak mengalami kesulitan menggunakan produk, biasanya modifikasi
Misal : perubahan warna, bentuk, rasa aroma dan sebagainya

2.     Inovasi terus menerus yang dinamis
Fungsi produk tetap dan konsumen sedikit mengalami proses belajar untuk memahami penggunaan produk
  Contoh : Alat cukur dari listrik fungsi tetap yaitu mencukur, tetapi bila menggunakan perlu belajar

3.     Inovasi yang tidak terus menerus
Jika produk dapat merubah budaya masyarakat, karena produk tersebut
Misal  : Komputer, Televisi ditemukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar