Pemasaran : (Kotler)
Adalah
suatu proses sosial dan manejerial dengan mana individu-individu dan
kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai.
1.
Kebutuhan : Adalah
suatu keadaan perasaan kekurangan akan kepuasan dasar tertentu.
2.
Keinginan : Adalah
dorongan–dorongan akan pemuas tertentu dari kebutuhan yang lebih dalam.
3.
Permintaan : Adalah
keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan
keinginan untuk membelinya.
4.
Produk : Segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada seseorang untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan.
5.
Nilai : Adalah perkiraan konsumen akan kapasitas keseluruhan produk untuk
memenuhi kebutuhannya.
6.
Pertukaran : Adalah
perbuatan untuk mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang dengan
menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
7.
Pasar : Terdiri dari semua pelanggan potensial yang sama-sama mempunyai
kebutuhan dan keinginan yang mungkin ingin dan mampu terlibat dalam pertukaran
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
Manajemen
Pemasaran
Proses
perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentu harga, promosi dan distribusi
ide-ide, barang-barang dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan tujuan-tujuan individu dan tujuan-tujuan organisasi.
Orientasi perusahaan terhadap pasar :
1.
Konsep Produksi : Suatu perusahaan berorientasi pada produk
karena jika produsen membuat produk sebanyak-banyaknya biaya dapat ditekan,
konsumen beranggapan jika produk mudah didapatkan berarti produk tersebut
bermutu, belum ada pesaing.
2.
Konsep Produk : Perusahaan berorientasi untuk menghasilkan
produk yang bermutu, sudah ada pesaing.
3.
Konsep Penjualan : Perusahaan memikirkan bagaimana menghasilkan
produk yang bermutu, sudah ada pesaing.
4.
Konsep Pemasaran :
v Perusahaan
memikirkan kepuasan konsumen.
v Perusahaan
berorientasi kepada konsumen.
v Penelitian dan
pengembangan untuk mengetahui produk yang dibutuhkan konsumen.
v R & D
merupakan ciri utama pemasaran modern yang memerlukan biaya dan sumber daya
manusia yang baik dan memadai.
No. 1 s/d 3
Seller’s market, belum untuk kepuasan konsumen.
No. 4 Buyer’s market, sudah memikirkan kepuasan konsumen.
Konsep pemasaran berpijak pada empat pilar utama :
1.
Focus pada pasar konsumen atau pasar harus dapat memuaskan
konsumen.
2. Orientasi pada pelanggan harus dapat memuaskan konsumen.
3. Pemasaran terpadu semua karyawan dalam perusahaan satu
bahasa sehingga bertanggung
jawab terhadap pemasaran produk.
4. Profitabilitas harus mencari keuntungan tetap dalam jangka
panjang karena jika keuntungan pendek berakibat pelayanan tidak dapat memuaskan
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar