Jumat, 17 Agustus 2012

KONSEP INTI PEMASARAN



Pemasaran : (Kotler)
Adalah suatu proses sosial dan manejerial dengan mana individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai.

1.       Kebutuhan          :   Adalah suatu keadaan perasaan kekurangan akan kepuasan dasar        tertentu.
2.       Keinginan            :    Adalah dorongan–dorongan akan pemuas tertentu dari kebutuhan      yang lebih dalam.
3.       Permintaan         :    Adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh     suatu kemampuan dan keinginan untuk membelinya.
4.       Produk                 :    Segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada seseorang untuk               memuaskan kebutuhan dan keinginan.
5.       Nilai                      :    Adalah perkiraan konsumen akan kapasitas keseluruhan produk          untuk memenuhi kebutuhannya.
6.       Pertukaran         :    Adalah perbuatan untuk mendapatkan produk yang diinginkan dari     seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
7.       Pasar                    :    Terdiri dari semua pelanggan potensial yang sama-sama mempunyai   kebutuhan dan keinginan yang mungkin ingin dan mampu terlibat dalam pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.


Manajemen Pemasaran
Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentu harga, promosi dan distribusi ide-ide, barang-barang dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan tujuan-tujuan organisasi.

Orientasi perusahaan terhadap pasar :

1.        Konsep Produksi      : Suatu perusahaan berorientasi pada produk karena jika produsen membuat produk sebanyak-banyaknya biaya dapat ditekan, konsumen beranggapan jika produk mudah didapatkan berarti produk tersebut bermutu, belum ada pesaing.
2.        Konsep Produk     :  Perusahaan berorientasi untuk menghasilkan produk yang           bermutu, sudah ada pesaing.
3.        Konsep Penjualan    :    Perusahaan memikirkan bagaimana menghasilkan produk yang       bermutu, sudah ada pesaing.
4.        Konsep Pemasaran  :   
v        Perusahaan memikirkan kepuasan konsumen.
v        Perusahaan berorientasi kepada konsumen.
v     Penelitian dan pengembangan untuk mengetahui produk yang dibutuhkan konsumen.
v  R & D merupakan ciri utama pemasaran modern yang memerlukan biaya dan sumber daya manusia yang baik dan memadai.

No. 1 s/d 3  Seller’s market, belum untuk kepuasan konsumen.
No. 4            Buyer’s market, sudah memikirkan kepuasan konsumen.

Konsep pemasaran berpijak pada empat pilar utama :
1.     Focus pada pasar konsumen atau pasar harus dapat memuaskan konsumen.
2.     Orientasi pada pelanggan harus dapat memuaskan konsumen.
3.    Pemasaran terpadu semua karyawan dalam perusahaan satu bahasa sehingga bertanggung
     jawab terhadap pemasaran produk.
4.  Profitabilitas harus mencari keuntungan tetap dalam jangka panjang karena jika keuntungan pendek berakibat pelayanan tidak dapat memuaskan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar